Monday, August 19, 2019

Makalah Belajar dan Pembelajaran

Selamat siang Bapak Ibu Guru tercinta, dan saudara saudari yang admin banggakan. Beberapa hari yang lalu admin bertemu dengan teman, beliau ingin membagikan beberapa makalah beliau, agar lebih bermanfaat untuk yang membutuhkan dan akhirnya admin memasukan artikel beliau di blog ini, yang salah satunya ialah makalah Belajar dan Pembelajaran.

Kita selama ini telah mengenal istilah belajar. Mungkin sejak bayi kita telah mengalami hal yang namanya belajar. Seperti kebanyakan orang mendefiniskan belajar sebagai suatu proses yang tadinya tidak tahu menjadi tahu, dan yang tadinya tidak bisa menjadi bisa. Meskipun hanya sebatas itu tapi setidaknya yang didefiniskan oleh orang kebanyakan juga merupakan salah satu pengertian dari belajar.

Tujuan belajar sebenarnya sangat banyak dan bervariasi. Tujuan belajar yang eksplisit diusahakan untuk dicapai dengan tindakan instruksional, lazim dinamakan instructional effect, yang biasa berbentuk pengetahuan dan keterampilan. Sementara, tujuan belajar sebagai hasil yang menyertai belajar instruksional lazim disebut nuturant effect. Bentuknya berupa, kemampuan berpikir kritis dan kreatif, sikap terbuka dan demokratis, menerima orang lain, dan sebagainya. Tujaun ini merupakan konsekuensi logis dari peserta didik “menghidupi” (live in) suatu sistem lingkungan belajar tertentu.

Dalam belajar pasti siswa maupun guru mendapatkan beberapa masalah. Terdapat dua masalah bila dilihat dari segi factor. Yaitu masalah-masalah intern belajar, dan masalah-masalah ekstern belajar.

Dalam interaksi belajar-mengajar ditemukan bahwa proses belajar yang dilakukan oleh siswa merupakan kunci keberhasilan belajar. Proses belajar merupakan aktivitas psikis berkenaan engan bahan belajar. Proses belajar merupakan hal yang kompleks. Siswa lah yang menentukan terjadi atau tidaknya belajar. Untuk bertindak belajar siswa menghadapi masalah-masalah secara intern. Faktor intern yang dialami dan dihayati oleh siswa yang berpengaruh pada proses belajar sebagai berikut.

Untuk makalah yang sudah disusun rapih oleh penyusun, admin telah menyiapkan link download makalah belajar dan pembelajaran yang tentunya untuk para pembaca yang membutuhkan.

link makalah belajar dan pembelajaran telah admin siapkan di bawah artikel ini, terima kasih, semoga bermanfaat. Indahnya berbagi

link download makalah belajar dan pembelajaran

penyusun: Subhan Kurniawan, S.Pd.I

Baca Juga
Previous Post
Next Post

0 comments: