RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : ............................................
Kelas
/ Semester : I (Satu) / 1
Tema 1 : Diriku
Sub Tema
1 : Aku dan Teman Baru
Pembelajaran : 1
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan
menyebut nama panggilan.
2.
Melalui permainan “Suara siapakah itu?”, siswa dapat
mendengar perbedaan warna suara teman.
3.
Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat
menyebut nama teman dengan benar.
4.
Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa
dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing
teman.
5.
Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi
dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi slam pada orang tua saat
ke luar rumah.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
C. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2 Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan
orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu
dengan kosakata bahasa daerah.
4.9 Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan
diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam
bentuk lisan dan tulisan
Indikator :
3.9.1 Menunjukkan kosa kata
dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
4.9.1 Menggunakan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau
tulis dengan tepat
PPKn
Kompetensi Dasar (KD) :
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan
beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah
Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
Indikator :
3.2.4
Menggali informasi halhal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di
rumah
4.2.4
Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat keluar rumah
SBdP
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2 Memahami elemen musik melalui lagu
Indikator :
3.2.1
Mengidentifikasi perbedaan warna suara manusia
D. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Berdoa
sebelum memulai pelajaran agar kegiatan berjalan lancar (religius)
Guru
menyapa beberapa siswa dan menanyakan namanya.
Guru
lalu menanyakan, “Apakah kalian sudah berpamitan kepada orang tua
masing-masing saat hendak ke sekolah?” (lihat buku siswa halaman (Literasi)
“Bagaimana cara kalian berpamitan dengan
orang tua?”
Guru
menerima jawaban siswa yang beragam. Ada yang mengucapkan salam saja, ada
yang mengucapkan salam sambil mencium tangan, dan ada juga yang tidak
berpamitan dengan orang tua.
Guru
menyampaikan kepada siswa pentingnya berpamitan kepada orang tua. Guru
meminta siswa agar esok berpamitan kepada orang tua saat hendak pergi ke
sekolah.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Setelah itu,
guru mengajak siswa untuk saling berkenalan.(nasionalis dan integritas)
·
Guru
menunjukkan cara berkenalan. (guru mencontohkan seperti yang dilakukan Edo
dan Beni di buku siswa halaman 3)
·
Kemudian siswa
diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru
menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta membentuk posisi melingkar,
boleh duduk atau berdiri, lalu guru mencontohkan cara melempar dan menangkap
bola dengan tepat). ( Collaboratif)
·
Permainan
dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya
Ibu/Bapak...biasa dipanggil Ibu/Bapak... kemudian, melempar bola pada salah
satu siswa (melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras)
·
Siswa yang
menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.
Kemudian dia melempar bola kepada teman yang lain. Teman yang menangkap
lemparan bola, juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.(Gotong-royong)
·
Demikian
seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
·
Setelah semua
siswa memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil
menyebutkan kembali nama masing-masing. Guru menggunakan lagu yang ada di
buku siswa halaman 6.
·
Siswa tetap
berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa
Namamu?” sambil menepuk pundak salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan
namanya. Siswa tersebut kemudian menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?”
sambil menepuk pundak teman di sebelah kanannya, lalu teman tersebut
menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagu. Begitu seterusnya.(Mandiri)
·
Selain
menigngat nama teman, saat bernyanyi, minta siswa juga untuk mengingat suara
teman masing-masing.(Critical Thinking
and Problem Solving)
·
Kegiatan
dilanjutkan dengan meminta siswa mengamati buku siswa halaman 3–6. Guru lalu
bertanya pada siswa, apakah mereka sudah berkenalan seperti yang dilakukan
Edo dan teman-teman.(Integritas)
·
Kegiatan
berkenalan dengan berbagai cara memudahkan siswa untuk mengingat nama
teman-teman di kelas.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling
mengenal. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Upayakan guru
memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal. (Critical Thinking and Problem Solving)
Setelah diskusi tentang pentingnya saling mengenal, guru
menutup kegiatan di hari itu dengan mengajak siswa untuk menyanyikan lagu
“Siapa namamu?” sekali lagi. Guru dan siswa sama-sama menyanyikan bait “Siapa
namamu? Namaku…” setelah itu guru dan siswa secara bergiliran menyebutkan
nama masing-masing hingga selesai. (Mandiri)
Guru memberi salam penutup. Siswa berdoa bersama-sama (religius)
Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam
kepada guru saat pulang.
|
15 menit
|
E. SUMBER, ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku
Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2018, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2018).
¡ Bola
plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola
¡ Karton/kertas/kardus bekas yang sudah
dipotong-potong dan diberi nama masing-masing siswa
¡ Pensil warna/spidol yang bisa
digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan
¡ Tali/peniti/alat
lain untuk memasangkan kartu nama
Mengetahui …………………………………………….20
Kepala Madrasah Guru
Kelas I
..................................... ...................................
NIP. . NIP. .
0 comments: