Sunday, August 18, 2019

Makalah Model Pembelajaran Tematik

Selamat siang Bapak Ibu Guru tercinta, dan saudara saudari yang admin banggakan. Beberapa hari yang lalu admin bertemu dengan teman, beliau ingin membagikan beberapa makalah beliau, agar lebih bermanfaat untuk yang membutuhkan dan akhirnya admin memasukan artikel beliau di blog ini, yang salah satunya ialah makalah Model Pembelajaran Tematik.

Dunia pendidikan adalah dunia yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Manusia yang selalu diiringi pendidikan, kehidupannya akan selalu berkembang kearah yang lebih baik. Tidak ada zaman yang tidak berkembang, tidak ada kehidupan manusia yang tidak bergerak, dan tidak ada manusia pun yang hidup dalam stagnasi peradaban dan semuanya itu bermuara pada pendidikan, karena pendidikan adalah pencetak peradaban manusia.

Kata Tematik berasal dari bahasa Yunani tithenai yang berarti menempatkan atau meletakkan dan kemudian kata itu mengalami perkembangan sehigga kata tithenai  berubah menjadi tema.  Menurut arti katanya tema berarti sesuatu yang telah diuraikan atau sesuatu yang telah ditempatkan(Gorys Keraf,2001;107)

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Pembelajaran tematik dapat diartikan suatu kegiatan pembelajaran dengan mengintegrasikan materi pelajaran dalam suatu tema/topic pembahasan.

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang dirancang berdasarkan tema-tema tertentu. Dalam pembahasannya tema itu ditinjau dari berbagai matapelajaran. Sebagai contoh, tema “ Air” dapat ditinjau dari mata pelajaran IPA  dan Matematika. Lebih luas lagi, tema tersebut dapat ditinjau dari bidang studi lain, seperti IPS, Bahasa Indonesia,dan  Penjaskes.

Tidak panjang lebar kali tinggi, langsung saja admin akan membagikan link download makalah tentang model pembelajaran tematik yang tentunya sudah lengkap.

Penyusun: Subhan Kurniawan, S.Pd.I

link download
Baca Juga
Previous Post
Next Post

0 comments: