Sunday, August 18, 2019

Makalah Pendidikan Islam di Era Globalisasi

Selamat siang Bapak Ibu Guru tercinta, dan saudara saudari yang admin banggakan. Beberapa hari yang lalu admin bertemu dengan teman, beliau ingin membagikan beberapa makalah beliau, agar lebih bermanfaat untuk yang membutuhkan dan akhirnya admin memasukan artikel beliau di blog ini, yang salah satunya ialah makalah Pendidikan islam dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapai Era Globalisasi.

Pendidikan merupakan sebuah proses pemberdayaan manusia untuk membangun suatu peradaban yang bermuara pada wujudnya suatu tatanan masyarakat yang sejahtera lahir dan bathin. Sistem dan metode yang amat menentukan kualitas hidup manusia secara utuh (ruhiyah, jasadiyah dan aqliyah) dalam segala bidang adalah pendidikan. Akibatnya dalam sepanjang sejarah kehidupan umat manusia, amat sulit ditemukan kelompok manusia yang tidak menggunakan pendidikan sebagai sarana pembudayaan dan peningkatan kualitasnya. Bahkan pendidikan juga dijadikan sarana penerapan suatu pandangan hidup. Pepatah Arab bahkan menegaskan: adabulmar’i khoirun min dzahabihi (pendidikan lebih berharga bagi manusia ketimbang emasnya).

Istilah era globalisasi tentu sudah tidak asing lagi dari telinga kita, banyak yang dapat dikaitkan dengan istilah tersebut. Namun bagi sebagian kita mungkin ada yang masih belum memahami apa yang dimaksud dengan globalisasi serta apa dampak globalisasi bagi dunia pendidikan Islam.

Makalah sederhana ini kami hadirkan adalah untuk memberikan pemahaman tentang globalisasi serta beberapa hal yang berkaitan dengannya.

Untuk mendownload makalah Pendidikan islam dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapai Era Globalisasi, admin telah menyediakan link downloadnya di bawah artikel ini.

Semoga bermanfaat, indahnya berbagi.

Penyusun: Subhan Kurniawan, S.Pd.I


Baca Juga
Previous Post
Next Post

0 comments: